Saturday, June 15, 2013

Korean Food (K-food)

Mini seni Korea selama ini sangat identik dengan mengusung tema percintaan, musik, dan fashion. Tapi pandangan itu dijamin akan berubah jika sudah menonton film berjudul Jewel in the Palace. Dunia menjadi tidak asing lagi dengan masakan tradisional kerajaan Korea juga karena film ini. Berbagai penjelasan dibawah ini akan dengan sendirinya dipahami setelah menonton film ini. Belum pernah nonton ? Pasti penasaran. Hingga kini banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia.

Masakan Korea merupakan makanan tradisional yang didasarkan pada teknik dan cara masakan ala orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang pelik sampai makanan khusus dari daerah-daerah serta perpaduan dengan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya sangat berbeda.

Ada banyak perbedaan antara jenis makanan biasa dengan makanan yang disajikan dalam kuliner istana, tetapi sampai saat ini masakan itu masih dinikmati sebagian besar masyarakat Korea. Masakan Korea umumnya berbahan dasar beras, mi, tahu, sayuran, dan daging. Makanan tradisional Korea terkenal akan sejumlah besar makanan sampingan (lauk) yang disebut banchan yang dimakan bersama dengan nasi putih dan sup (kaldu). Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

Seperti di beberapa daerah lain yang mengalami empat musim, makanan Korea juga berbeda secara musiman. Selama musim dingin, biasanya makanan tradisional yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan di dalam gentong besar yang disimpan di bawah tanah di luar rumah. Persiapan pembuatan masakan Korea biasanya sangat membutuhkan kerja sama.

Makanan tradisional dari istana, yang dahulu hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan Dinasti Joseon, memerlukan waktu berjam-jam untuk pembuatannya. Makanan istana harus memiliki harmonisasi yang memperlihatkan kontras dari karakter panas dan dingin, keras dan lembut, padat dan cair, serta keseimbangan warna.

Makanan istana seperti ini beberapa di antaranya dapat mencapai 240.000 Won (sekitar AS$265) per orang termasuk minuman juga layanan oleh pelayan eksklusif. Restoran yang menyediakan makanan istana terdapat banyak di kota Seoul



Kimchi


Kimchi adalah salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Mulanya kimchi hanya berbahan dasar sawi putih dan kaldu daging, tapi seiring perkembangan waktu jadilah kimchi yang sekarang ini. Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu banchan (lauk) yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap, dan berbagai masakan lain.

Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bumbu cabai merah. Pada kimchi terdapat rasa pedas dan asam pernah disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker.


Bulgogi
 

Jika penasaran pertama kali ingin mencoba masakan Korea, bulgogi adalah salah satu makanan yang dirokemendasika. Barbeque-nya Korea, begitulah penjelasan singkatnya. Nama bulgogi sendiri berarti api dan daging, menggambarkan teknik memasaknya yaitu dipanggang. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus. Konon bulgogi merupakan makanan warisan dari era Gorguryeo 37 Sebelum Masehi. Dahulu makanan ini disajikan untuk raja dan disebut Maekjeok.


Bibimbap
 

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk diatasnya berupa sayur-sayuran, dagung sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Bibimbap adalah nasi putih yang disajikan dalam mangkuk, kemudian diatasnya dibubuhi bermacam-macam sayuran warna-warni. Ragam sayuran ini dimaksudkan melambangkan empat musim yang ada di Korea. Secara harfiah namanya berarti nasi campur. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.
Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea yang dinamakan "Jeonju Bibimbap".


Tteokbokki


Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok (penganan atau kue asal Korea yang dibuat dari serealia/sereal) dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di Pojangmacha.


Kimbap


Kimbap adalah jenis masakan Korea yang terdiri dari nasi, daging dan sayuran yang dibungkus dengan rumput laut.


Jjajangmyeon



Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis makanan Korea, yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam  yang disebut chunjang yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan cornstarch (sejenis pati yang terbuat dari tepung jagung) agar saus jadi kental. Pasta kacang kedelai (chunjang) dibuat dari kedelai yang dipanggang (dibakar).


Naengmyeon



Naengmyeon adalah mie gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin.
Pada masa lalu, bakso daging yang dibuat dari daging ayam pegar cincang ditambahkan ke dalam kaldu lalu diberi potongan batu es. Untuk membuat kaldu, daging sapi direbus lama dan dicampur dengan kuah dongchimi (kimchi yang dibuat dari daikon, sawi, daun bawang, cabai hijauh, jahe, bae, dan air asin), kimchi air. Lobak, daun bawang dan cabai hijau dari dongchimi memberi rasa pada kuah.



Nah itulah beberapa masakan yang terkenal di Korea dan juga sering muncul di dalam drama-drama Korea. :D
Aseloleee~

1 comment:

  1. Saya senang dengan makanan ini yu mari buka link 👇https://malaaanur.blogspot.com/2022/08/makanan-koreaan.html

    ReplyDelete