Friday, May 17, 2013

Ilmiah : Minum Air Berlebihan, Bisa Merusak Ginjal !

Kali ini, saya akan nge-post sebuh artikel ilmiah tentang Minum Air Berlebihan, Bisa Merusak Ginjal !
Moga bermanfaat aja yaa, ;);)
Ini diaaa~~


Minum air bisa membantu proses pengeluaran racun dari tubuh, sehingga sering kita baca anjuran dalam berbagai artikel kesehatan untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih. Tapi kalau kamu terlalu banyak minum, bukan sehat yang di dapat, malah kesehatan ginjal kamu yang bisa terancam.
Fungsi ginjal adalah filter buat tubuh, yaitu menyaring produk limbah dari darah dan mengubahnya menjadi urin untuk dibuang. Di sisi lain, pada tubuh juga terdapat natrium yang bertugas menjaga keseimbangan cairan pada sel tubuh.
Kalau konsumsi air putih terlalu banyak, maka ginjal akan kewalahan untuk menanganinya. Akibatnya, keseimbangan cairan tubuh menjadi rusak sebab ada begitu banyak cairan sedangkan jumlah natrium tidak seimbang. Akibatnya air mulai merembes ke dalam sel dan membuatnya meregang. Kalau kondisi tersebut terus menerus berlangsung, sel pada ginjal tidak akan kuat menahannya dan akan meledak. Itu yang menyebabkan kerusakan sel pada ginjal.

Konsumsi air normal yang dianjurkan adalah 7-8 gelas per hari. Jangan juga minum air dalam jumlah besar pada satu waktu, karena itu akan sangat membahayakan kondisi ginjal.
Akibat lain yang bisa terjadi kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi air adalah :
  • Otak membengkak. Kelebihan air dalam tubuh bisa membuat selaput otak menjadi bengkak. Akibatnya pada situasi terburuk kamu bisa mengalami kejang dan blackout. Kadang disusul juga dengan pendarahan otak.
  • Koma. Kalau kondisi perdarahan otak tidak segera ditangani, maka kemungkinan terjadi koma akan menjadi besar.  

Sekian ya artikelnyaa, moga bermanfaat :D 
Aseloleeee~

No comments:

Post a Comment