Halo halo
hai,
Ternyata susah cari bahan yang bagus untuk di post di blog ini, that’ why kadang blog ini jadi sepi
banget, atau kadang jadi sangat tidak menarik (padahal setiap hari juga blog ini ga menarik-menarik amat :”))
Tapi kali ini, aku punya bahan yang menurutku sendiri menarik, entah
yaa bagi temen-temen semua,
Jadi, di post kali ini aku akan berusaha untuk jadi SECRET REVEALER atau semacam pengungkap rahasia.
Nah, rahasia yang dimaksud disini adalah trik cara bermain dalam tebak-tebakan.
Tebak-tebakannya juga bukan yang simple kayak :
A : Kabel apa yang selalu ingin ke toilet ?
B : KABELet pipis ….. !!
.
BUKAN YA :”) hahaha…
.
Kenapa tiba-tiba pengen nulis bahan tentang ini ?
Karena emang udah cukup banyak tebak-tebakan yang aku dapet pas lagi
kumpul bareng temen-temen dan rasanya tu bahagia gimana gitu ketika kita bisa
nebak sendiri caranya tanpa harus dijelaskan oleh si pemberi tebakan :D
Dan juga, kadang ga seru kan ya, ketika misal ada tebak-tebakan, semua
temen udah pada bisa dan ngerti trik cara bermainnya, tapi tinggal kita doang
yang masih nanya “EHH, KOK BISA ?” atau “GIMANA SIH CARANYA?” hahahaha…
Nah, oleh sebab itu, aku sih berharap lewat post ini kalian-kalian
bisa ngerti gimana cara mainnya, dan siapa tau kalian yang bisa pake
tebak-tebakan ini untuk melihat “ekspresi bodoh” temen kalian yang kebingungan.
Percaya deh, itu bahagia nomor dua dalam main tebak-tebakan :D (bahagia nomor
satu kalo bisa nebak sendiri tadi)
Ohya, dalam main tebak-tebakan ini kita butuh yang namanya :
MASTER (M), si pemberi tebak-tebakan dan yang paling ngerti
permainannya
SMART (S), si pintar yang bisa nebak. Kita butuh si SMART karena
permainannya juga bakalan jadi ga seru kalo sampe semuanya bener-bener ga tau,
paling ga ada 1 aja SMART, buat jadi contoh untuk yang lain :D
Terakhir, butuh AUDIENCE (A), a.k.a temen-temen kalian.
OKE,
Let’s start and play !
1.
Ada Berapa Kapal ?
(Ini tebak-tebakan
paling mainstream, aku yakin semua udah pada bisa sih ….. harusnya :D)
KATA KUNCI : Perhatikan
SIMULASI PERMAINAN :
M : Oke
teman-teman, kita akan bermain tebak-tebakan simple. Kata kuncinya adalah
perhatikan. Kalau kalian perhatikan saya baik-baik, saya yakin kalian bisa. Dan,
permainan ini juga bakalan gagal kalau ga semua perhatikan saya, makanya semua
harus perhatikan saya. Oke kita mulai.
(Master
mengayun-ayunkan kedua tangan seperti membentuk gelombang di depan dada)
ADA BERAPA KAPAL YANG MELINTASI SUNGAI MUSI ?
A : Limaaa
A : Duaa
S : TIGA !
M : Benerr !!
*) Ada temen yang mungkin punya persepsi “menghitung ayunan
tangan master” misal Master ngayunin tangan 5 kali, maka ada 5 kapal. SALAH :”)
TRIK :
Trik sebenernya mudah banget. Inget di awal, Master
memberikan kata kunci yaitu PERHATIKAN, nah kata Perhatikan itulah yang
dihitung. Jadi,
“Kata kuncinya adalah perhatikan. Kalau kalian perhatikan saya baik-baik, saya yakin
kalian bisa. Dan, permainan ini juga bakalan gagal kalau ga semua perhatikan saya, makanya semua harus perhatikan saya. Oke kita mulai.” (Kata “perhatikan” yang menjelaskan kata
kuncinya tidak dihitung)
Jawabannya ada TIGA KAPAL (Tiga kata “perhatikan”).
So easy !
2.
Ini Buka, Ini Tutup
KATA KUNCI : Mulut
SIMULASI PERMAINAN :
M : (membuka kedua telapak tangan) Ini buka,
(menutup kedua telapak tangan) Ini
tutup, (mengulangi berkali-kali, kemudian
Master membuka satu tangan dan menutup satunya) Kalau yang ini ?
A : Tutup (?)
S : BUKA !
M : Bener !!
TRIK :
Tebak-tebakan ini sebenernya lebih jelas kalau dipraktekin
atau melihat langsung. Kunci sebenernya dari tebak-tebakan ini bukanlah TANGAN
si Master, tapi MULUT si Master. Kita tinggal liat :
- kalo mulut si Master kebuka, ya jawabannya buka.
- kalo mulut si Master tertutup, ya jawabannya tutup.
Gampang banget kok, haha…
*) Untuk tebak-tebakan yang ini, kata kuncinya ga perlu
dikasih tau..
3.
Masa Lalu adalah Masa Sekarang
KATA KUNCI : Masa Lalu adalah Masa Sekarang
SIMULASI PERMAINAN :
M : Kata kunci
dari permainan ini adalah ‘Masa Lalu adalah Masa Sekarang’. Perhatikan saya, (tangan membuat angka 2) ini dua, (tangan membuat angka 4) ini empat, (tangan membuat angka 5) dan ini lima.
Nah sekarang, (tangan membuat angka 1) ini
berapa ?
A : Satu dong…
M : Salah ! (tangan tetap membuat angka 1)
A : Kok salah ?
Empat ?
S : Lima !
M : Benar ! Lalu
ini ? (tangan membuat angka 3)
S : Satu !
M : Benar ! Dan
ini ? (tangan membuat angka 4)
S : Tiga !
*) Aku yakin kalau kalian baca simulasinya pasti rada
bingung gimana gitu, haha. Yaudah semoga dalam penjelasan trik, kalian bisa
ngerti :D Jadi gini…..
TRIK :
Untuk tebak-tebakan ini, kata kuncinya juga berpengaruh
banget.
Jadi kata kuncinya adalah Masa Lalu adalah Masa Sekarang, so yang perlu kalian perhatikan
adalah ‘angka sebelumnya’.
Diawal pasti si Master akan memperkenalkan beberapa angka
dulu, misal ini 1, ini 4, dan ini 5.
Maka, kalau setelahnya Master bertanya ini berapa (tangan angka 2) maka jawabannya Lima.
Lanjut berikutnya (tangan
angka 6) maka jawabannya Dua.
Berikutnya lagi (tangan
angka 3) maka jawabannya Enam.
Dan pasti jawaban berikutnya adalah Tiga.
Cukup dipahami ? ;)
4.
Tahu itu Bulat
KATA KUNCI : Tahu itu Bulat, Bulat itu Satu
SIMULASI PERMAINAN :
M : Oke,
teman-teman dalam permainan ini kalian musti ingat bahwa Tahu itu bulat dan
bulat itu satu. Sekarang pertanyaannya adalah 8 + 9 + 2 + 1 hasilnya berapa ?
A : 20 ?
M : Salah, banget
! hahaha…
A : 4 ? (Karena ada empat angka yang disebut)
M : Salah juga !
S : Tiga !
M : Bener yehey ! :D
TRIK :
Triknya sederhana banget ! Tapi dalam prakteknya, cukup
banyak “ekspresi bodoh” yang aku liat karena banyak yang ga ngerti pas
pertama-tamanya, haha..
Jadi gini, inget kembali kata kunci tadi bahwa Tahu itu Bulat, dan Bulat itu Satu.
So, angka yang “ada bulatannya” itu dihitung satu, yang ga
ada berarti ga dihitung.
Misal angka 6 9 dan 0, bulatannya ada 1, maka dihitung 1.
Kalo angka 8, bulatannya ada 2, maka dihitung 2.
Sedangkan angka lain seperti 1 2 3 4 5 dan 7, ga ada
bulatannya, maka dihitung 0.
Dan, sekarang kalau kalian ditanya :
Berapa 6 + 9 + 3 + 5 + 0 + 8 + 4 + 2 + 5 ?
Maka jawabannya adalah ……………….
5.
Zaman Modern
KATA KUNCI : Kita hidup di zaman modern
SIMULASI PERMAINAN :
M : Yang kita
butuhkan dari permainan ini adalah kesadaran bahwa kita semua sekarang ini
hidup di zaman modern. Pertanyaannya, sekarang saya berada di Lantai 3, jika
saya turun satu lantai dimanakah saya sekarang ?
A : Ya jelas
lantai dua
M : Salah
S : Lantai 6
M : Bener ! Lalu
kalau sekarang saya di lantai 8, naik dua lantai kemudian saya belok ke kiri,
maka saya berada di lantai … ?
S : Lantai 1 !
M : Bener !
*) Awalnya aku bener-bener pusing dengan permainan ini.
Gimana ceritanya dari lantai 3 kalau turun 1 lantai jadi di lantai 6, ya kan ?
Tapi akhirnya, aku baru ngerti saat ada kata-kata “belok”. Karena ga mungkin
Lift Biasa bisa punya fasilitas belok, artinya ini bukan lift biasa, so ? :D
TRIK :
Kata kunci Modern dalam permainan ini sebenernya bisa
dikaitkan dengan beberapa benda yang berbeda, misalnya Kalkulator atau Telepon atau
HP. Kira-kira udah paham belom kalo
dikaitkan dengan ketiga benda itu ? ;)
Yaps, intinya adalah susunan angka-angka pada kalkulator,
ato telepon, ato hp.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Harusnya udah ngerti yaa, haha.
Oke, kalau sekarang aku tanya. Sekarang aku di lantai 6,
naik ke atas lalu belok ke kiri 2 kali dan turun 2 lantai dan belok ke kanan 1
kali, aku ada di lantai …….. ? (Mumet
deh… :D)
6.
Berpikir Sebelum Menjawab
KATA KUNCI : Berpikir sebelum menjawab
SIMULASI PERMAINAN :
M : Untuk bermain
yang satu ini, kalian harus berpikir dulu sebelum kalian menjawab.
Pertanyaannya, saat ini saya sedang baca koran, lalu
kira-kira setelah ini saya akan ngapain ?
A : Minum kopi ?
M : Salah
A : Nonton TV ?
M : Salah
S : Emm, bantu
mama masak ?
M : Bener !
*) Permainan satu ini cukup menarik bagiku. Karena
kadang-kadang ada beberapa temen yang bisa jawab BENER, tapi ga tau kenapa bisa
bener, jadinya mereka bilang “LOH BENER ? KOK BISA?” hahaha…
TRIK :
Sebenernya ini gampang banget,
Intinya adalah berpikir dulu sebelum menjawab, udah itu
doang !
Tau kan kalo orang mikir tu ciri-cirinya gimana ? Ada “emmmmm” – nya :D hahaha…
7.
Tebak Tepok Nyamuk
KATA KUNCI :
Hitung setelah menepok
*) Kata kunci ini sebenernya aku buat-buat sendiri, karena
pas dikasih tau temen ga ada clue sama
sekali, jadinya rada gaje :’)
SIMULASI PERMAINAN :
M : Saya akan
menepok nyamuk, silahkan kalian hitung jumlahnya setelah saya menepok. (Menepok tangan 6 kali) Ada berapa
nyamuk ?
A : 6 dong
M : Salah
S : Ada 3 !
M : Benar !
Sekarang sekali lagi. (menepok 4 kali) Berapa
?
S : 1
M : Sip, bener
haha..
*) Jujur! Ini yang menurut aku paling gaje :’) , karena
sebenernya cluenya juga ga mengarah banget ke trik dan juga bakalan timbul
pertanyaan dari audience “lah kok jadi itu yang dihitung?”
TRIK :
Jadi gini, triknya adalah BUKAN menghitung berapa kali si
master menepokkan tangannya, tapi ternyata yang dihitung adalah “jumlah kata
yang disebut master Setelah Menepok Nyamuk”.
Jadi,
Misal Master tepok-tepok ga jelas, lalu bilang “Ada berapa
nyamuk yang saya tepok?”
Jawabannya 6 nyamuk.
Kalau “Hayo, ada berapa sekarang ?” Jawabannya 4 nyamuk.
Kalau cuma “Hayoooooo…..” Jawabannya ya 1 doang.
Cukup dimengertilah yaaa, haha..
8.
Kamera Foto
KATA KUNCI : Sebenernya ga ada “kata” kunci di permainan
ini, tapi ada kuncinya, yaitu perhatiin gerak-gerik si Master.
SIMULASI PERMAINAN :
M : Saya akan
memotret beberapa orang disini, cekrik, cekrik, cekrik… Sekarang tebak, siapa
yang saya foto barusan ?
A : Thasia ?
M : Salah
A : Bertha ?
M : Salah juga
S : Yessy
M : Bener !
TRIK :
Sama kayak permainan yang nomor dua tadi (Ini Buka, Ini
Tutup), permainan satu ini akan lebih jelas kalo dipraktekin langsung. Jadi,
kunci dari permainan Kamera Foto ini adalah perhatiin gerak-gerik master (kayak
yang disebut diatas tadi).
Inget, fungsi kamera kan untuk foto, foto itu pasti
hasilnya sama kayak aslinya dong, that’s mean kamera itu untuk …… apa ya
istilahnya, menduplikasi ? menggandakan ? meniru ? Hmm..
Ya, pada intinya, orang yang difoto Master adalah “orang
yang gayanya diduplikat/digandakan/ditiru
oleh si Master :D
(UNTUK DUA PERMAINAN TERAKHIR INI, KHUSUS FAVORIT AKU BANGET :D)
9.
Piyo-Piyo
KATA KUNCI :
Piyo-Piyo adalah saudara kembar, kemana-mana mereka selalu dempet berdua.
SIMULASI PERMAINAN :
M : Saya akan
memberikan sebuah pernyataan, Piyo-Piyo suka apple tapi mereka tidak suka apel,
Piyo-Piyo suka coffee tapi mereka tidak suka kopi. Nah, kira-kira mereka suka
dan tidak suka apalagi ?
A : Hmm,
Piyo-Piyo suka grape tapi tidak suka anggur ?
M : Salah !
A : Piyo-Piyo
suka blue tapi tidak suka biru ?
M : Masih salah
S : Piyo-Piyo
suka yellow tapi tidak suka kuning
M : Oke, benar !
hahaha
TRIK :
Dari simulasi tadi, pasti banyak diantara audience yang
beranggapan bahwa Piyo-Piyo itu suka benda dalam
bahasa inggris dan tidak suka benda dalam
bahasa Indonesia , begitu kah ? SALAH xD
Itu salah satu pengecohnya ! Nah, disaat audience udah
mencoba dengan metode diatas, Master bisa kembali mengecoh untuk kedua kalinya
dengan pernyataan :
Piyo-Piyo suka mangga tapi tidak suka mango (dan ini Benar) “Lah sekarang malah
terbalik?” haha :D
Oke untuk yang satu ini, berat rasanya untuk membongkar
trik permainan, haha…
Yang satu ini, aku cuma kasih beberapa pernyataan yang
benar, dan silahkan temen-temen berusaha cari sendiri yaaa, (inget kata
kuncinya ;))
1. Piyo-Piyo suka egg tapi tidak suka telur
2. Piyo-Piyo suka ikan panggang tapi tidak suka ikan goreng
3. Piyo-Piyo suka Lubuklinggau tapi tidak suka Bengkulu
4. Piyo-Piyo suka butterfly tapi tidak suka kupu-kupu
5. Piyo-Piyo suka Yulianna tapi tidak suka Rica (hehehehe)
Harusnya kalian udah ngerti, kalo misal masih belum yaudah
:’)
10. Black
Magic
KATA KUNCI : Black Magic
Biar aku jelasin sedikit, jadi dalam permainan yang satu
ini selain kita butuh Master, kita juga butuh si Smart. Jadi diawal permainan
Master dan si Smart akan mempraktekkan permainannya duluan, audience melihat
dan barulah setelah Smart udah berhasil, giliran audience yang “merasa bisa”
untuk mencoba.
Berhasil disini adalah ketika si Smart bisa menebak benda
apa yang dipilih oleh salah satu audience, tanpa melihat apa sih yang dipilih
itu. Jadi, misal Smart ditutup matanya, atau dibawa ke tempat lain sehingga ia
tidak bisa melihat, kemudian salah satu audience menunjuk salah satu benda, dan
ketika Master menyebutkan beberapa benda yang ada, si Smart bisa (dengan kekuatan black magic)
menebak benda yang dipilih sebelumnya.
PERMAINAN INI SUMPAH ASIK :’)
*) Aku dapet permainan ini dari temen OMK waktu acara tahun
baruan kemarin, aku udah nyerah banget dan minta dikasih tau tapi tetep ga
dikasih tau. Akhirnya setelah puluhan kali nyoba, aku BISA, dan itu bahagia
banget bro, wkwk… (Aku bisa tanpa dikasih tau kok, hehe)
SIMULASI PERMAINAN :
M : Silahkan
salah satu audience memilih bendanya (sementara
si Smart ditutup matanya)
A : (Mobil)
M : Oke, Smart silahkan buka matanya. Kita
mulai ! Tenda bukan ?
(((*) Benda-benda
yang bakalan aku sebut ini yang ada waktu aku ikut acara tahun baruan kemarin,
jadi kalo agak absurd maafkan aja)))
S : Bukan
M : Pohon ?
S : Bukan
M : Terompet ?
S : Bukan
M : Arang ?
S : Bukan
M : Mobil ?
S : Iya.
Dan setelah berhasil ketebak gini, pasti audience bakalan
bilang …….
A : HAH KOK BISA
TAU ? :D
TRIK :
Trik permainan ini sebenernya amat sangat simple banget.
Aku aja sampe ngerasa bodoh harus puluhan kali nyoba baru
ngerti, karena temen OMK-ku emang pinter banget, banyak pengecohnyaa..
Dia bilang “rasakannn…”, lalu aku pikir dari nada dia
bicara, kalau datar berarti bukan, kalau agak naik berarti iya itu bendanya.
Ternyata BUKAN gitu caranya :’)
Terus di contoh-contohnya dia sempet sebut “emmmm” gitu,
dan kemudian si Smart bilang iya (dan bener), aku sempet pikir itu triknya, dan
ternyata BUKAN juga :’)
Ada juga dia nepuk paha 2 kali di benda ke-7 (misalnya),
terus aku pikir “berarti benda ke-9 yang dipilih (karena 7 tambah 2)”, ternyata
? BUKAN juga men :’)
Dan, sama kayak permainan Piyo-Piyo tadi, hati ga rela buat
membeberkan trik yang satu ini :’)
Yang pasti ini berkaitan erat dengan Black Magic, bahkan
tanpa kalian melihat benda-benda yang ditunjuk master, kalian juga bisa menebak
dengan benar. Pokoknya, black magic ;)
OKE,
Segitu dulu aja 10 Trik Bermain Tebak-Tebakan Seru, maafkan kalo
penjelasannya rada ga jelas gimana gitu :’) Semoga bermanfaat aja deh, hehe….
And for the last, I wanna say
HAPPY NEW YEAR 2017 ! (walaupun
udah telat beberapa hari, gakpapalah yaaa, hehe)
Ditunggu kritik dan sarannya, terimakasih :D
Bagi jawaban piyo-piyo dong, ngga ngerti perbedaan kata ngga ada antara yg bener sama salah, atau kesamaan ujung huruf benda jg bukan, apa jadi?
ReplyDeletePiyo piyo suka a(pp)le tp tidak suka apel...perhatikan kata apple ada 2 huruf p yg berdampingan layaknya kata" man(gg)o, e(gg),ye(ll)ow
ReplyDeleteYang black magic aku tau kuncinya. Hehehe
ReplyDeleteKasih tau mas
DeleteKasih tau.. penasaran banget
DeleteKata kuncinya adalah "black magic" Yg arti nya sihir hitam, jadi setelah si Master(M) menyebutkan benda yg berwarna hitam maka benda selanjutnya adalah jawabannya
DeleteKata kuncinya adalah "black magic" Yg arti nya sihir hitam, jadi setelah si Master(M) menyebutkan benda yg berwarna hitam maka benda selanjutnya adalah jawabannya
DeleteKalo audience nunjuk benda yg berwarna hitam nya gimana tuh cara ngasih tau si smartnya?
Deleteiya aku juga tau hehe :)
ReplyDeletekasih tau donk .. pliss
DeleteTauuu yang black magic ciaa B)
ReplyDeletegmna caranya yang black magoc
Delete"Black" and we get the magic
ReplyDeleteSegitiga juga seruu
ReplyDeleteYang black magic itu kata kuncinya yah hitam itu sendiri sebelum pilih yang benar....ingat arang itu warnanya hitam setelah itu dia nunjuk mobil dan dijawab iyah...intinya yang dipilih nantinya bakalan digiring sama master terlebih dahulu dengan warna hitam setelah itu baru jawaban asli keluar
ReplyDeleteKalo si audience nunjuk arang nya, clue buat si smartnya gimana ya?
DeleteSaya akhirnya tau yang piyo piyo hehe
ReplyDeletegmn deh yg piyo piyo
DeleteIntinya dia suka kembar tapi nggak suka nggak kembar. Dia suka apple tapi nggak suka apel. Apple ada yg kembar nggak? Ada. P-ny ada 2 kan? Artinya kembar. Kalau apel kan nggak ada yang kembar say
DeleteIni games apa sih? Dr kemarin bingung ada yg main ini tp gk tau nama gamesnya
ReplyDeleteGausah bikin thread kalo ga dibocorin
ReplyDeleteWahh
ReplyDeleteAda yang tau trik tebak-tebakan berpikirlah dengan keras ?
ReplyDeleteAtau itu sama dg trik berpikirlah sebelum menjawab ?
Iya memang hampir sama itu triknya hehe
DeleteMakasih Rica. Sempet bingung mau ngisi ice breaking. Berkat tulisanmu ini jadi punya ide wkwkwkw.
ReplyDeleteAGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
ReplyDeletePasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
Sabung ayam
sbobet online
casino online
tembak ikan
daftar bisa langsung ke:
LINE : agens1288
WhatsApp : 085222555128
AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
ReplyDeletePasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
Sabung ayam
sbobet online
casino online
tembak ikan
daftar bisa langsung ke:
LINE : agens1288
WhatsApp : 085222555128